10+ Contoh teks Anekdot Singkat, Panjang, Pendidikan Beserta Strukturnya [Singkat tapi berkenan] - Contoh

10+ Contoh teks Anekdot Singkat, Panjang, Pendidikan Beserta Strukturnya [Singkat tapi berkenan]

Selamat datang di website contoh.pro, kali ini kita akan membahas lengkap tentang contoh teks anekdot beserta pengertian ciri-ciri bahasa dan struktur penulisan yang digunakan dalam teks anekdot, langsung saja, selamat menyimak … 🙂

Pengertian teks Anekdot

pengertian teks anekdot yang baik dan benar

rivistanatura.com

Teks Anekdot adalah cerita pendek yang lucu dan menarik namun terdapat sindiran dan makna tertentu didalamnya.

Cerita singkat ini menceritakan kejadian atau tokoh yang sebenarnya ada di dunia nyata. Berikut kami paparkan pengertian, ciri-ciri, kaidah bahasa, struktur hingga contoh teks anekdot itu sendiri.

Ciri-ciri Teks Anekdot

Berikut beberapa ciri anekdot untuk mengetahui teks humor yang anda baca adalah salah satunya:

  1. Karakternya merupakan binatang atau manusia
  2. Gaya bahasa dan penceritaan yang humoris
  3. Berisi sindiran
  4. Ditujukan untuk tokoh penting, misalnya politikus
  5. Cerita yang disampaikan merupakan realitas atau kejadian yang sedang terjadi disekitar
  6. Hampir seperti dongeng

Kaidah Bahasa Teks Anekdot

Untuk bahasanya, anekdot memiliki kaidah bahasa tersendiri, yaitu:

  1. Bahasanya retorik
  2. Menggunakan kata ‘waktu lampau’
  3. Menggunakan kata penghubung atau konjugasi
  4. Terdapat kata kerja
  5. Menggunakan kata atau kalimat perintah
  6. Mengurutkan kejadian berdasarkan waktu kejadian.

Struktur Penulisan Teks Anekdot

Struktur Penulisan Teks Anekdot

camarapiracicaba.sp.gov.br

Dalam penulisan teks anekdot, tata penulisannya memiliki struktur tersendiri, berikut struktur lengkapnya:

  • Abstraksi : merupakan gambaran awal cerita
  • Orientasi : menggambarkan situasi awal cerita, fungsinya membangun konteks yang akan diceritakan kepada pembaca.
  • Event : keterangan atau penjelasan lebih lanjut saat cerita berlangsung
  • Krisis : menggambarkan puncak kejadian atau masalah atau konflik yang dialami tokoh dalam cerita
  • Reaksi : meggambarkan tanggapan tokoh terhadap konflik yang dialami
  • Koda : suasana yang telah berubah setelah tokoh menghadapi konflik, juga kondisi keseluruhan cerita
  • Re-orientasi : penutupan.

Namun dalam penulisannya tidak harus semua struktur dimasukkan. Yang terpenting terdapat abstraksi, orientasi, krisis, reaksi dan koda.

Itulah pengertian, ciri-ciri dan kaidah bahasanya.

Kumpulan teks Anekdot Beserta strukturnya

Kumpulan teks Anekdot Beserta strukturnya

Creative Market. com

Berikut dibawah ini akan di bahas beberapa contoh teks anekdot beserta strukturnya:

  1. Contoh teks anekdot singkat / pendek

Telepon Setrika

  • abstraksi:

di suatu hari

  • orientasi:

Seorang pasien dengan ekspresi kesakitan pergi ke rumah sakit karena kedua telinganya melepuh.

  • krisis:

“Jadi, saya buru-buru setrika baju karena akan terlambat ke kantor, lalu telepon saya tiba-tiba berdering. Karena tidak konsen akhirnya setrika saya yang saya tempelkan ke telinga saya, dok”

  • reaksi:

“Harusnya Cuman satu telinga yang kebakar, kenapa telinga satunya kebakar juga?”

  • koda:

“Nah, selesai ngobrol, saya setrika lagi. Tapi telepon saya bunyi lagi, dan setrika saya tempelkan ke telinga satunya karena reflek, pak dokter.”

15+ Contoh Gambar dan Teks Poster Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan [Sederhana Tapi Menarik]

  1. Contoh teks anekdot layanan publik beserta strukturnya

Contoh teks anekdot layanan publik beserta strukturnya

PxHere. com

Napi Yang Mencuri Ikan

  • abstraksi:

suatu hari ada seorang narapidana baru, dan Nampak tua, di vonis hukuman seumur hidup.

  • orientasi:

napi tetangganya menanyakan kenapa ia bisa dipenjara padahal sudah tua.

Napi baru: Saya habis nyuri ikan di waduk menggunakan bom kecil.

Napi tetangga: emang ikan apa yang ada di waduk itu? Ikan langka?

  • krisis:

napi baru: bukan. Hanya 3 ikan kecil yang mengambang.

Napi tetangga: Nah, itu sih tidak mungkin seumur hidup.

Napi Baru : Masalahnya g cuman 3 ikan kecil yang mengpung, ada 2 mayat juga ikutan mengapung.

  • reaksi:

Napi tetangga: hahahhaa… pantas saja dipenjara seumur hidup.

  • koda:

mereka berdua tergelak kemudian obrolan mereka berlanjut ke cerita napi tetangga.

  1. Contoh teks anekdot menyindir teman lucu panjang

Contoh teks anekdot menyindir teman lucu

The Inquisitr. com

Sulap Penghapus

  • abstraksi:

Angga dan Doni duduk bersisihan dan sedang berkonsentrasi menyelesaikan soal ujian.

  • orientasi:

Seperti biasa Angga tidak membawa penghapus.

Angga: “Don, minjem penghapus dong.”

Doni:”Yaelah baru beli nih. Penghapusku yang kemaren kamu pinjam itu mana?”

  • krisis:

Angga:”Yaelah, kemaren dipinjam Rina tuh penghapusnya”

Doni: “Ya kamu tanggung jawablah. Kan kamu yang pinjam, beberapa hari lalu juga.”

  • reaksi:

Angga terdiam, karena nyatanya ia lupa menagih penghapus Doni yang ia pinjamkan ke Rina.

  • koda:

Ujian pun selesai, Angga, Doni dan Arya makan di kantin.

Arya:”Don, katanya mau belajar sulap yang kemarin itu?”

Doni:”Gak jadi, aku belajar di Angga aja”

Angga:”Sejak kapan aku bisa?”

Doni:”Bisa. Tiap hari kamu sulap penghapus aku jadi ilang, kan?”

  • re-orientasi:

Arya dan Angga terdiam, Angga salah tingkah.

Angga:”Iya, nanti pulang sekolah aku ganti deh”

Masalah selesai, mereka pun kembali membicarakan sulap Arya.

7+ Contoh Teks Tanggapan Kritis, Pendidikan, Remaja, Sekolah Beserta Strukturnya

  1. Contoh teks anekdot di bidang sosial politik

Contoh teks anekdot sosial politik

http://moziru.com

Brosur Asap Rokok

  • abstraksi:

Suatu pagi, Ando menunggu bis lewat.

  • orientasi:

Ando memulai percakapan dengan seorang karyawan swasta tentang asap bis dan kendaraan lain yang lewat.

Ando:”Asap-asapnya jorok ya.”

Si karyawan:”Iya nih. Tebal dan jorok.”

  • krisis:

bis yang mereka tunggu pun datang. Namun si karyawan dan Ando mendapati seseorang yang duduk di depan mereka dan sedang merokok.

Ando:”Selain asap bis, asap rokok juga menjijikkan”

Karyawan:”apa yang anda lakukan pada orang yang merokok itu?”

Ando:”Menghajarnya”

Ando pun menghajar orang tersebut dengan sebuah brosur.

  • reaksi:

orang yang merokok melongo melihat Ando yang tiba-tiba menhajarnya. Lalu tertunduk membaca brosur yang diberi Ando.

  • koda:

rupanya brosur yang diberikan Ando berisi ‘ASAP ROKOK MENGANDUNG POLUTAN 10KALI LEBIH BERBAHAYA DARI MESIN DIESEL’.

  1. Contoh teks anekdot panjang kehidupan sehari hari singkat

Contoh teks anekdot panjang kehidupan sehari hari

123RF.com

Percakapan Tukang Roti dan Pelanggan

  • abstraksi:

di suatu siang yang terik, seorang tukang roti melewati area perumahan dan membunyikan bel khasnya

  • orientasi:

seseorang keluar dari rumahnya dan memanggil tukang roti yang lewat tadi.

Pembeli : “Jual roti apa saja, pak?”

Penjual Roti: “Banyak nih, silahkan pilih aja dari kotak ini”

Si pembeli pun menunjuk satu persatu roti di kotak tersebut, si penjual dengan sabar menyebutkan itu roti strawberry, coklat, duren, mangga dan sebagianya.

  • krisis:

Pembeli: “Lah, bapak serius jualan roti tidak sih? Kok dari tadi yang disebutkan buah-buahan saja. Yang beneran roti yang mana?!”

  • reaksi:

Penjual:”Ya ini semua roti beneran, mas. Cuman rasanya rasa buah-buahan”

Pembeli:”Ah, mengada-ada nih. Mana ada roti kayak gitu”

  • koda:

Penjual: *bengong*, “yasudah saya tidak jual roti ke mas”

  1. Contoh teks anekdot menyindir koruptor

Contoh teks anekdot menyindir koruptor

Suck.uk

Hukuman Pencuri Sandal

  • abstraksi:

pada saat orang-orang menunaikan solat Jumat, Ando duduk di teras masjid. Lalu mengambil sepasang sandal jamaah.

  • orientasi:

Namun si pemilik melihat Ando mengambil sandalnya saat solatnya baru saja selesai. Langsung ia mengejar Ando dan mengadukan ke polisi.

  • krisis:

Ando pun disidang karena mencuri Sandal. Hakim memutuskan Ando di denda 30.000 rupiah dan dipenjara selama 5 tahun.

  • reaksi:

Ando:”Loh, pak hakim? Kok hukuman saya lebih berat dari para koruptor?”

  • koda:

Hakim menjelaskan bahwa Ando merugikan seseorang 30.000 karena sandal yang ia curi, namun koruptor yang mencuri 2 miliar telah merugikan 200 juta orang Indonesia. Jika dihitung lebih jeli, mereka hanya rugi 10.000/orang saja, karena korupsi dilakukan sekelompok orang.

  1. Contoh teks anekdot bahasa jawa tentang pendidikan

Contoh teks anekdot bahasa jawa tentang pendidikan

YouTube. com

Belajar Membaca

  • abstraksi:

seorang guru ditugaskan untuk mengajar kelas membaca untuk ibu-ibu abdi dalem

  • orientasi:

sang guru menunjuk tulisan ‘ayam’ yang ada di bawah gambar ayam jantan.

Guru: Ibu-Ibu, ini dibaca?

  • krisis:

ibu-ibu:”pitik”

guru:”Loh, tulisannya, bu. A-Y-A-M, AYAM.

Ibu-ibu:”pitik”

  • reaksi:

Si ibu kebingungan. Akhirnya menghapus gambar ayamnya.

  • koda:

ibu-ibu: kalau di hapus saya sudah tidak bisa dibaca lagi, bu guru

  1. Contoh teks anekdot tentang lingkungan alam singkat

Contoh teks anekdot tentang lingkungan alam

Depositphotos. com

Mengungis

  • abstraksi:

suatu malam, tiba-tiba Harimau, Orang Utan, tapir dan sebagainya mengunjungi rumah pak Tua yang tak jauh dari hutan mereka.

  • orientasi:

pak Tua kaget lalu bertanya pada mereka.

Pak Tua:”Kenapa malam-malam kalian datang?”

Sekawanan binatang:”Kami tak punya rumah lagi, bolehkah kami tinggal disini?”

Pak tua bingung.

  • krisis:

Pak tua:”Bagaimana bisa?”

Para binatang:”Rumah kami di babat habis, kami tak lagi punya rumah”

  • reaksi:

Pak tua merasa kasihan melihat ekspresi dan keadaan mereka.

  • koda:

pak Tua pun mengizinkan mereka tinggal di rumahnya.

  1. Contoh teks anekdot dalam bentuk narasi

Contoh teks anekdot dalam bentuk narasi

Colourbox. com

Suara Alam

  • abstraksi:

suatu hari Randi dan teman-temannya sepakat untuk liburan di puncak yang sejuk agar dekat dengan alam.

  • orientasi:

malam harinya, mereka berbincang-bincang sembari menyalakan api unggun. Tiba-tiba Randi bertanya pada Lisa tentang suara alam yang sebenarnya seperti apa. Lisa pun mengangguk karena ia juga penasaran.

  • krisis:

saat Lisa menunggu, Randi tiba-tiba menyanyi “ada mbah dukun, sedang ngobatin pasennya!” dengan nada melengking

  • reaksi:

Lisa tergelak dan memukul pelan Randi, “Itukan Alam penyanyi dangdut!”

  • koda:

Randi, Lisa dan teman lainnya tergelak tawanya.

  1. Contoh teks anekdot dalam bentuk dialog singkat

Contoh teks anekdot dalam bentuk dialog

Pixnio. com

Satu Permintaan

  • abstraksi:

suatu hari Jono menemukan sebuah lampu ajaib.

  • orientasi:

Jono mengusap lampu ajaib itu dengan harapan benar-benar bertemu dengan jin. Jin pun keluar setelah Jono mengusap sebanyak tiga kali.

  • krisis:

Jin: sebutkan 1 permintaanmu

Jono: 1 buah mobil.

Lalu muncullah angka 1 sebesar badan Jono.

  • reaksi:

Jono: kok angka 1 yang muncul?

Jin: Kan 1 permintaan, kenapa menyebutkan 1, buah dan mobil? Yasudah, kata pertama yang aku kabulkan.

  • koda:

Jin masuk kembali ke lampu ajaib meninggalkan Jono yang menyesal kenapa ia tidak bilang ‘mobil’ saja.

Demikianlah yang dapat kami tuliskan tentang pengertian, ciri-ciri, kaidah, beserta struktur teks anekdot, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa share di akun sosial media kamu …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: